Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

Peristiwa bencana alam puting beliung yang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan kerusakan hingga korban...

Derasnya Angin Puting Beliung Melanda Kota Bogor dan Sekitarnya

Peristiwa bencana alam puting beliung yang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan kerusakan hingga korban jiwa. Kabidhumas Polda Jabar, Kombes Trunoyudho Wisnu Andiko menjelaskan, angin puting beliung tersebut terjadi di Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Timur. "Satu orang meninggal dunia, 20 pohon tumbang, 5 kendaraan rusak tertimpa pohon, 848 rumah warga rusak berat dan ringan," kata Truno melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (8/12/2018). Truno merinci, korban meninggal akibat puting beliung tersebut terjadi di Kecamatan Bogor Selatan. 

Korban seorang perempuan bernama Enny Renno (46), warga Cluster Bukit Nirwana I Jalan Bukit Nirwana Raya, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"Korban meninggal diakibatkan pohon tersebut menimpa kendaraan yang ditumpangi korban," tuturnya. Tidak hanya itu, sapuan puting beliung juga menumbangkan 20 pohon, lima diantaranya menimpa kendaraan.Sekitar 20 pohon tumbang akibat angin puting beliung, yakni 10 pohon di Kelurahan Lawang Gintung, 7 Pohon di Kelurahan Cipaku dan 3 pohon di Kelurahan Batu Tulis," ujarnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyebut data terakhir rumah yang mengalami kerusakan akibat puting beliung di Bogor pada Kamis (6/12/20180 sore mencapai 1.697 rumah. 1.697 rumah yang rusak akibat angin puting beliung itu terbagi dalam tiga kategori kerusakan yakni kategori rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

Penjelasan BMKG soal Penyebab Terjadinya Puting Beliung
Angin puting beliung yang melanda Bogor pada Kamis (6/12/2018) sekitar pukul 15.00 WIB telah merusak ratusan rumah warga dan menyebabkan pohon tumbang.Mengapa bencana ini bisa terjadi?

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Toni Sukma Wijaya memberikan penjelasan mengenai penyebab terjadinya angin puting beliung yang melanda wilayah Bogor.Kondisi atmosfer dilihat dari citra satelit himawari pada pukul 14.30 - 15.00 terpantau awan konvektif jenis Cumullonimbus yang meliputi wilayah kota Bogor bagian selatan.
"Awan tersebut dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, puting beliung serta kilat atau petir," ujar Toni melalui pesan singkatnya, Jumat (7/12/2018), dilansir dariMedia Online.

Pusaran angin lemah di selat Sunda sebelah barat Jawa Barat membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin di wilayah Jawa Barat.Hal tersebut mendukung terbentuknya suplai wan hujan di wilayah Jawa Barat.BMKG memperkirakan beberapa waktu ke depan Bogor akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang, kilat, atau bahkan petir.Kencangnya hembusan angin puting beliung menyebabkan pohon besar roboh hingga akarnya tercabut dari tanah.Pohon tumbang juga menimpa angkot yang melintas dan mobil pribadi.Selain itu, dinding hingga atap rumah warga mengalami kerusakan sedang hingga parah.

Semoga dibalik bencana tersebut ada hikmahnya yang bisa kita ambil, tatkala Tuhan memberikan cobaan disaat manusia mulai melupakannya. Maka dari itu, atas cobaan tersebut semoga kita semua diberikan kesehatan dan umur yang panjang semuanya, dan didekatkan dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan selalu ingat akan Kebesaran Ilahinya.



0 komentar: