Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

JAKARTA, Tidak henti-hentinya anak bangsa membangun prestasi untuk membanggakan Tanah Air Tercinta yakni Indonesia. M ahasiswa Institut T...

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Yang Mengagumkan

JAKARTA, Tidak henti-hentinya anak bangsa membangun prestasi untuk membanggakan Tanah Air Tercinta yakni Indonesia. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Budi Luhurmenghasilkan karya dua mobil listrik bernama Blits dan Kasuari. Dua mobil listrik yang dibawa Tim Blits Explore Indonesia dan motor listrik diperkenalkan pada acara senam bersama Forkompimda Riau, PLN dan masyarakat di Halaman kantor Gubernur Riau, Minggu (9/12/2018).

Kunjungan Tim Blits Explore Indonesia ini merupakan rangkaian kegiatan mengelilingi Indonesia untuk menguji komponen mesin mobil dengan zero emission atau tanpa gas buang. Keberangkatan kedua mobil itu dimulai dari Surabaya tanggal 20 Oktober 2018 lalu, perjalanan dimulai dari Pulau Jawa kemudian ke Sumatera, selanjutnya tim akan menuju Kalimantan, Papua, Bali hingga Lombok. Mobil Blits dilengkapi Li-ion battery 85 KWH dan dapat menempuh 350 km perjalanan, dengan kecepatan maksimal 140 km/jam, pengecasan selama delapan jam.

Sementara Kasuari merupakan mobil hybrid dengan komposisi 50% tenaga listrik dan 50% tenaga diesel berbahan bakar Crude Palm Oil (CPO). Kasuari mampu menempuh jarak 100-150 km dalam sekali pengisian daya baterai 60 kWh atau kecepatan maksimal 140 km/jam, pengecasan selama empat jam. Pengisian daya membutuhkan waktu 6 jam. Usai melakukan pengisian baterai, BLITS dan Kasuari akan kembali menempuh perjalanan menuju Sumatera hingga ke Merauke, Papua.

Untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik tanah air, PLN pun menyediakan charging station di titik-titik berhenti mobil. "PLN mendukung penuh pengembangan mobil listrik di Indonesia. Oleh karena itu, dalam masa uji coba ini, PLN menyediakan SPLU untuk charging station. Ini adalah bentuk kesiapan PLN dalam menyongsong era kendaraan listrik," ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS.

Tidak kurang dari 3.000 SPLU telah tersebar di seluruh Indonesia. Hingga Oktober 2018, jumlah SPLU yang tersebar di wilayah DKI Jakarta sendiri mencapai 1.797 unit. Selain menambah kuantitas, PLN akan terus berinovasi agar SPLU semakin mudah digunakan dan diakses masyarakat. Masyarakat juga dapat mengajukan permohonan pemasangan SPLU di lokasi yang diinginkan agar kebutuhan energi listriknya terpenuhi, termasuk juga sebagai charging station kendaraan listrik.

Semoga dengan adanya prestasi tersebut membangun semangat untuk mahasiswa atau mahasiswi tanah air untuk membuat prestasi lainnya, yang dapat membuat bangga bangsa maupun negara. Selalu semangat jangan pantang menyerah, apabila ditekuni dengan sunguh-sungguh maka akan membuahkan hasil yang kita harapkan. 

0 komentar: